==============================================
PENGUMUMAN !!! HARUS DIBACA!!!
==============================================

KARENA BANYAKNYA PESANAN MAKA UNTUK MEMPERLANCAR PROSES PEMBUATAN DIHARAP BAGI PEMESAN DAPAT MENGIRIMKAN CONTOH DAFTAR ISI, KARENA SISTEMATIKA PENULISAN MASING-MASING KAMPUS BIASANYA MEMILIKI PERBEDAAN.

BAGI PEMESAN KTI YANG SEKALIGUS MEMESAN BUKU REFERENSI DIHARAPKAN DAPAT MENGIRIMKAN ALAMAT YANG JELAS AGAR PROSES PENGIRIMAN BUKU TIDAK MENGALAMI HAMBATAN

BAGI MAHASISWA YANG MEMINTA BANTUAN PENGOLAHAN DATA HASIL PENELITIAN, MAKA DIHARAPKAN DAPAT MENGISI TABEL PENGOLAHAN DATA YANG KAMI SEDIAKAN DENGAN BENAR SEHINGGA PROSES UJI STATISTIK TIDAK MENGALAMI ERROR.

=====================================
PESAN KAMI... PENTING UNTUK DIBACA!!!
=====================================
IKUTILAH PETUNJUK/SARAN PEMBIMBING, JIKA TERJADI REVISI BERUSAHALAH SENDIRI SEMAMPUNYA, JIKA MASIH BINGUNG HUBUNGI KAMI.

LAKUKANLAH PENELITIAN DENGAN JUJUR, JANGAN MENGARANG HASIL PENELITIAN. JIKA MEMANG KESULITAN DALAM PENGOLAHAN DATA MAKA SILAHKAN HUBUNGI KAMI KARENA KAMI JUGA MELAYANI JASA PENGOLAHAN DATA.

KARENA ADA BEBERAPA PEMESAN KTI YANG BINGUNG DALAM PROSES PEMBAYARAN (PORSES TRANFER) MAKA SILAHKAN KLIK DI SINI UNTUK MENGETAHUI PANDUAN/CARA TRANFER.


====================================================

JUDUL KTI KEBIDANAN TERBARU!!!!

Jumat, 01 Mei 2009

Alat Peraga Pengajaran

Alat Bantu pengajaran (alat pelajaran, media, alat peraga)
Fungsi dari alat peraga ialah memvisualisasikan sesuatu yang tidak dapat dilihat atau sukar dilihat, hingga nampak jelas dan dapat menimbulkan pengertian atau meningkatkan persepsi seseorang (R.M. Soelarko, 1995: 6).
Ada enam fungsi pokok dari alat peraga dalam proses belajar mengajar yang dikemukakan oleh Nana Sudjana dalam bukunya Dasar-dasar Proses Belajar-Mengajar (2002: 99-100):
1. Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantuuntuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif

2. Penggunaan alat peraga merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar
3. Alat peraga dalam pengajaran penggunaannya integral dengan tujuan dan isi pelajaran
4. Alat peraga dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan atau bukan sekedar pelengkap
5. Alat peraga dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru
6. Penggunaan alat peraga dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar
Di samping enam fungsi di atas, penggunaan alat peraga mempunyai nilai-nilai:
• Dengan peragaan dapat meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berfikir, oleh karena itu dapat mengurangi terjadinya verbalisme
• Dengan peragaan dapat memperbesar minat dan perhatian siswa untuk belajar
• Dengan peragaan dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar sehingga hasil belajar bertambah mantap
• Memberikan pengalaman yang nyata dan dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri pada setiap siswa
• Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkesinambungan
• Membantu tumbuhnya pemikiran dan membantu berkembangnya kemampuan berbahasa
• Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu berkembangnya efisiensi dan pengalaman belajar yang lebih sempurna.
Dalam menggunakan alat peraga hendaknya guru memperhatikan sejumlah prinsip tertentu agar penggunaan alat peraga tersebut dapat mencapai hasil yang baik.
Prinsip-prinsip ini adalah sebagai berikut (Nana Sudjana, 2002: 104-105)
• Menentukan jenis alat peraga dengan tepat, artinya sebaiknya guru memilih terlebih dahulu alat peraga manakah yang sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran yang hendak diajarkan
• Menetapkan atau memperhitungkan subjek dengan tepat, artinya perlu diperhitungkan tingkat kemampuan/kematangan anak didik
• Menyajikan alat peraga dengan tepat
• Menempatkan dan memperlihatkan alat peraga pada waktu, tempat, dan situasi yang tepat.
R.M. Soelarko dalam buku Audio Visual Media Komunikasi Ilmiah Pendidikan Penerangan (1995: 6) menggolongkan macam-macam alat peraga berdasarkan pada bahan yang dipakai:
1. Gambar-gambar (lukisan), dalam IPA misalnya Zoologie (gambar-gambar binatang), Botanie (gambar pohon, bunga, daun, dan buah), dan gambar tentang ilmu bumi (gambar gunung, laut, danau, hutan)
2. Benda-benda alam yang diawetkan, misalnya daun kering yang dipres, bunga, serangga misalnya kupu-kupu, jangkrik, belalang.
3. Model, Fantom, dan Manikkin. Yang disebut model adalah bentuk tiruan dalam skala kecil. Fantom atau Manikkin adalah model anatomi dari bagian-bagian tubuh manusia itu sendiri misal rangka manusia.


Contoh Judul Karya Tulis, PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

1. IKIP Negeri Singaraja Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. Dra. Ida Ayu Putu SuastiniDra. Ni Wayan Suwitri
Penerapan Model PBL pada Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007
2. IKIP Negeri Singaraja Drs. I Made Suryadi, M.Si. Ni Wayan SuastiniNi Ketut Darmini
Pengembangan Model Keterampilan Proses Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Produk Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar
3. IKIP Negeri Singaraja Drs. I Nyoman Retug, M.Si. I Nyoman Selamat, S.Si., M.Si.Drs. I Wayan SomaI Gusti Ayu Indrawati, S.Pd.Dra. Ni Luh Maharani Merta
Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Singaraja
4. IKIP Negeri Singaraja Dr. Ketut Suma, M.S. Drs. I Nyoman RetaI Made Sriana, S.Pd.
Penerapan Pengajaran Konseptual Interaktif dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X3 SMA Negeri 3 Singaraja

5. IKIP Negeri Singaraja Drs. Ketut Tika, M.Pd. Desak Nyoman Hariningsari, S.Pd.Ni Nyoman Sukerti, S.Pd..
Implementasi Strategi 5E dengan Bahan Ajar Bermuatan Perubahan Konseptual sebagai Upaya Mengubah Miskonsepsi, dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 6 Singaraja
6. IKIP Negeri Singaraja Cok Istri Raka Marsiti, S.Pd., M.Pd. Dra. IDAM Budhyani, M.Pd.Nyoman Koni Erniati, S.Pd.Nyoman Yasa, S.Pd.Luh Sari, S.Pd.
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Diklat Menyiapkan, Menyajikan Minuman Non-Alkohol Siswa II A1 SMKN 2 Singaraja
7. IKIP Negeri Singaraja Drs. I.B. Mardana, M.Si. Drs. Nengah SukartaI Nyoman Sukandar
Pemberdayaan Prior Experience dalam Pembelajaran Modul Praktikum dengan Model Experential Learning sebagai upaya Meningkatkan Kompetensi Sains Siswa SMPN 2 Singaraja
8. IKIP Negeri Singaraja Drs. Putu Yasa, M.Si. Ketut Arya, S.Pd.Wayan Suhartayasa, S.Pd.
Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Singaraja
9. IKIP Negeri Singaraja Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd. Ni Ketut Noriasih, S.Pd.Drs. Nyoman Suardana
Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Bermedia Karikatur untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa SMP Lab. IKIP Singaraja
10. IKIP Negeri Singaraja Dra. Ni Ketut Rapi, M.Pd. Drs. Putu KajengNi Luh Sumatri, S.Pd.
Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaraja
11. IKIP Negeri Singaraja Drs. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes. Dewa Made Kembar, S.Pd.Ni Nyoman Sri Aryani, S.Pd.
Implementasi Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan LKS dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP
12. IKIP Negeri Singaraja Dra. Ary Subariyati Drs. Wayan Sogog, M.Pd.I Made Sukardi, S.Pd.Si Luh Komang PurniatiI Made Suantara
Implementasi Teori Belajar Action, Process, Object, Schema dengan Menggunakan Pendekatan Siklus: Activities, Class-Discussion, Exercise untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP
13. IKIP Negeri Singaraja Dra. Ni Nyoman Parwati, M.Pd.Made Sukemi Giri, S.Pd.Made Toni, S.Pd.
Implementasi Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja
14. IKIP PGRI Semarang Dra. Ngurah Ayu Nyoman Murniati, M.Pd.Masrikan, S.Pd.Ali Imron, S.Pd.
Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Negeri 38 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007
15. IKIP PGRI Semarang Dra. M. Th.S.R. Retnaningdystuti, M.Pd.Drs. Harjito, M.HumTrimo, S.Pd., M.Pd.Tri Umuyani, S.Pd.Rustantiningsih
Peningkatan Penguasaan EYD Karangan Narasi dengan Teknik Koreksi Teman Sebaya Siswa Kelas VI SD Anjasmoro 02 Semarang
16. IKIP PGRI Semarang Drs. Harto Nuroso, M.Pd.Ernawati Saptaningrum, S.Pd.Rahayu Sri Hastuti, S.Pd.Nur Edy, A.Md.Pd.M. Irines, A.Md.Pd.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika dengan Metode Presentasi Siswa Kelas Imersi SMP 1 Magelang Tahun Pembelajaran 2006/2007
17. IKIP PGRI Semarang Ir. Suwarno Widodo, M.Si.Kuswanto, S.Pd.SupraptoTri Sujatmi
Upaya Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Pelajaran PKPS melalui Program Pembiasaan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanggedang Tahun Pelajaran 2006/2007
18. IKIP PGRI Semarang Drs. Rasiman, M.Pd.Siti Rochani, S.Pd.Dwi Ratna
Efektivitas Problem Solving dengan Memanfaatkan Alat Peraga dalam Pembelajaran Geometri di Kelas VIII B SMP Negeri 2 Demak Tahun 2006
19. STKIP Hamzanwadi Selong Eni Titikusumawati, S.Pd.Atikaturrahmaniah, S.Pd.Drs. Sahlan
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Peluang melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI MA Mualimat NW Pancor Lombok Timur NTB
20. STKIP Hamzanwadi Selong Jujuk Ferdianto, S.Pd.H. Suhaidi, S.Pd.Kus Sumami, A.Md.
Peningkatan Daya Berpikir Kritis Siswa terhadap Kondisi Lingkungannya melalui Penggunaan Peta Konsep pda Pembelajaran Sosiologi Kelas VII SMPN 1 Aikmel
21. STKIP Hamzanwadi Selong Drs. Ridwan, M.Pd.Muh. Riadi, BAMartinah, A.Md.Hafadah, A.Md.Muh. Nasri, A.Md.
Strategi Manajemen Saluran Penanganan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemandirian dan Tanggung Jawab pada Siswa SMPN 1 Selong
22. STKIP Hamzanwadi Selong Drs. Edy WaluyoDra. SK. NurhayatiRohdi, S.Pd.
Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Madrasah Aliyah Negeri Selong
23. STKIP PGRI Lubuk Linggau Rismar Riansih, S.Pd., M.Pd.Endrik Prasetyo, S.Pd.Eppi Pasaribu, S.Pd.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Reading Comprehension Siswa Kelas X2 SMA PGRI 1 Lubuk Linggau dengan Menggunakan Pendekatan Genre-Based Approach
24. STKIP PGRI Lubuk Linggau Dra. Nur Nisai Muslihah, M.Pd.Dra. Nyayu Masnon Ar.M. Amin Nur, S.Pd.Santi Mariami, S.Pd.Eva Yuliartha, S.Pd.
Kolaborasi Pendekatan Struktural dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Diskusi dalam Mengoptimalisasikan Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Linggau
25. STKIP PGRI Lubuk Linggau Rusmana Dewi, S.Pd.Jamaludin, S.Pd.ZulasmawatiAmistiatiMariati
Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Instrinsik Dongeng Melalui Teknik Bercerita Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Lubuk Linggau
26. STKIP PGRI Lubuk Linggau Alamsyahril, S.Pd., M.Pd.Jazili Haryadi, S.Pd.Dewi Utari, S.Pd.
Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Lubuk Linggau Melalui Pengintegrasian Metode Clustering dan Journalist’s Questions
27. Universitas Al Muslim Bireun - NAD Drs. M. Taufiq, M.Pd.Khuzaimah, S.Pd.Tasriwati, S.Pd.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA/Sains Siswa Kelas IV dengan Pendekatan Kontekstual pada Sekolah Dasar Negeri 6 Matangglumpangdua Kecamatan Peusangan
28. Universitas Al Muslim Bireun - NAD Marnita, S.Pd., M.Pd.Nurmalawati, S.Si.Yetty Tavriani, A.Md.
Upaya Menuntaskan Indikator Pembelajaran Siswa dengan Model Direct Instruction Konsep Tata Surya Mata Pelajaran IPA - Fisika (Studi pada Siswa Kelas I-1 SMPN 12 Langsa)
29. Universitas Bengkulu Dr. Saleh Haji, M.Pd.RusmaniarSuhana Suheimi
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas 7 SMPN 1 Kotamadya Bengkulu
30. Universitas Bengkulu Gumono, S.Pd., M.Pd.Kasman, S.Pd.Nora Vitaria, S.Pd.
Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Metode Investigasi Kelompok
31. Universitas Bengkulu Drs. Rusdi, M.Pd.Drs. Agus Susanta, M.Ed.Dra. RosnelyTalena Simanjuntak, S.Pd.Azmawati, S.Pd.
Pengkombinasian Problem Possing dan Cooperative Learning untuk Pengajaran Matematika di Kelas Unggul pada SMP Rintisan Sekolah Standar Nasional
32. Universitas Haluoleo Drs. Suhar, M.Kes.La Muli, S.Pd.Sriwati Dangga, S.Pd.
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I-B SMPN 5 Kendari Melalui Model Kooperatif Tipe Think-Paire-Share
33. Universitas Haluoleo Dra. Hunaidah M., M.Si.Rusmawan, S.Pd.Darwis, S.Pd.
Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas III IPA SMA Negeri 8 Kendari Melalui Model Pembelajaran Inquiri
34. Universitas Haluoleo Drs. ParakkasiHj. Herianti, S.Pd.Wa Ode Nurdiana Baitullah, S.Pd.
Meningkatkan Keterampilan Merumuskan Kesimpulan Melalui Penggunaan Peta Konsep pada Pengelompokan Makhluk Hidup Mata Pelajaran Sains-Biologi di Kelas VII-1 SMP Negeri 9 Kendari
35. Universitas Haluoleo Drs. H.M. Sirih, M.Si.Drs. Muh. AliHj. Fatmawati
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tongkat Estafet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Makanan (Kaji Tindak di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kendari)
36. Universitas Haluoleo Drs. La Misu, M.Pd.Hartana, S.Pd.Hidayah, A.Ma.
Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VI SD Negeri 32 Poasia Kendari dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita Melalui Pendekatan Matematika Realistik
37. Universitas Haluoleo Drs. Kadir Tiya, M.Kes.Dra. Mikarna HaryaniNurdin, S.Pd.
Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pokok Bahasan Statistika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kendari
38. Universitas Haluoleo Dra. Ratna, M.Si.Drs. Syam BasriOliva Muliani K., S.Pd.
Penerapan Model Pembelajaran Advanced Organizer untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa XI Ilmu Alam SMA Negeri 5 Kendari
39. Universitas Haluoleo Drs. H. Muchtar Ibrahim, M.Pd.Syarifuddin La Tiga, S.Pd.Abdul Salam, S.Pd.
Efektivitas Model Pembelajaran Rogers dalam Mengatasi Kesulitas Siswa Memahami Konsep Matematika Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar dan Logaristma di Kelas X Madrasah Aliyah Pesri Kendari
40. Universitas Haluoleo Drs. H. Muh. Kasim, M.Pd.Dra. Hj. HerlimaDrs. Madra’i
Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas X SMAN 4 Kendari dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif
41. Universitas Haluoleo Drs. H. La Hama Hamid, S.Pd., M.Pd.Sitti SiarahHj. Sri Narti Ama
Upaya Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Raklin dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri No. 9 Mandonga
42. Universitas Haluoleo Drs. Kasman Arifin, M.Si.Drs. MuliadiSri Mardikaningsih, S.Pd.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Melalui Penerapan Strategi Concept Mapping pada Kelas II.2 SMPN 12 Kendari
43. Universitas Islam Nusantara Bandung Prof. Dr. H. Koyo Kartasurya, MA, M.Sc.Dra. Nita Isaeni, S.IP., M.Pd.Euis Lesmini Djuanda, S.Pd.Imas Kartika, S.Pd.Kusnadi, S.Pd.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mempelajari Naratif Teks Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning
44. Universitas Jambi Dra. Roseli Theis, MSMilyarni, S.Pd.Ernaili, S.Pd.
Meminimalkan Kesalahan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas II MTsN Kenali Besar Jambi Melalui Penggunaan Pita Garis Bilangan
45. Universitas Jember Dra. Wiwiek Istianah, M.Kes., MEd.App.LingDrs. Bambang Suharjito, MEd.Joko Suprianto, S.Pd.Mohamad Sahri, S.Pd.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Inggris di SMPN 1 Jember melalui Learning Community dengan Teknik Permainan Komunikatif
46. Universitas Jember Dra. Siti Sundari, MADrs. HairudinSri Rahayu W, S.Pd.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menyimak, Membaca, dan Menulis Bahasa Inggris Siswa SMP 1 Jember melalui Cerita
47. Universitas Jember Drs. Suratno, M.Si.N. Ernawati, A.Ma.Aminah, A.Ma.
Pembelajaran Sain Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Academic Skill Siswa MI Miftahul Ulum Serut 02 Jember
48. Universitas Jember Drs. Supriyanto, M.Si.Ida Rosanti, S.Pd.Gandu Wadiono, S.Pd.
Penerapan Metode Pembelajaran Konsultatif (Sebuah Inovasi dalam Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas II SMAN 1 Arjasa Jember
49. Universitas Jember Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S.YettiningsihSutrisno
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Pendekatan Kontekstual
50. Universitas Jember Drs. Susanto, M.Pd.Eko Adi Siswoyo, S.Pd.Nahtim Siti Komariyah, S.Pd.
Meningkatkan Pemahaman Siswa SLTPN 8 Jember tentang Kesebangunan dengan Penemuan Terbimbing (Guide Discovery)
51. Universitas Jember Drs. H.M. Syafi’i NoerDra. Wiwiek S.Dra. Ratnaningsih
Penerapan Strategi Belajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktipan Belajar Siswa Prestasi Hasil Belajar pada Siswa Kelas III di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2005 – 2006
52. Universitas Jember Chumi Zahrotul Fitriyah, S.Pd.Eny Yuliana, S.Pd.Mudawaroh, S.Pd.
Peningkatan Image Anak tentang Tempat-Tempat Jauh (Hubungannya dengan Kehidupan Manusia dan Lingkungan) melalui Media Gambar dan Group Discussion di SDN Kranjingan 3 Sumbersari-Jembe
53. Universitas Lambung Mangkurat Dra. St. Wahidah Arsyad, M.Pd.Dra. Aulia Azizah, M.Kes.Niluh Putu Yuliani, S.Pd.Rahmadi, S.Pd.Lasiah, S.Pd.
Peningkatan Pemahaman Konsep-Konsep Biologi Melalui Strategi M2E (Mapping, Matrix, & Elaboration) pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 5 Banjarmasin
54. Universitas Lambung Mangkurat Drs. Zainuddin, M.Pd.Dra. Suriasa, M.Pd.Ida Martini, S.Pd.
Mengatasi Miskonsepsi Siswa Kelas III SMPN 24 Banjarmasin pada Materi Ajar Listrik Dinamis dengan Menerapkan Teknik Pemodelan dalam Setting Pembelajaran Generatif
55. Universitas Lambung Mangkurat Dra. Agni DanaryantiDra. Duratul WahidahFerry Setiawan, S.Pd
Meminimalkan Kesalahan Siswa Kelas III-IPA SMAN 1 Banjarmasin dalam Menyelesaikan Persamaan Trigonometri Melalui Strategi Konflik Kognitif dan Problem Solving dalam Pembelajaran Kooperatif
56. Universitas Lambung Mangkurat Dra. Atiek Winarti, M.Pd.Suratminingsih, S.Pd.Rusliana Sari, S.Pd.
Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Mengatasi Permasalahan dalam Pembelajaran Kimia Akibat Heterogenitas Kemampuan Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Banjarmasin
57. Universitas Lambung Mangkurat Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd.Drs. Akhmad Naparin, M.Si.Dra. Mis AmbrahIlda Ruhama, S.Pd.Dra. Erni Rahmadiyani
Memanfaatkan Metode Debat Secara Formal untuk Mengoptimalkan Pemahaman Bioetika pada Pembelajaran Materi Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas XI MAN 1 Banjarmasin
58. Universitas Lambung Mangkurat Drs. H. Aminuddin Prahatamaputra,M.Pd.Fithri Erliana, S.Pd.Hj. Sri Ellyana, S.Pd.
Implementasi Pendekatan Pembelejaran Kooperatif dalam Pembelajaran Biologi Semester Gasal Tahun Ajaran 2005/2006 untuk Mengatasi Rendahnya Pemahaman Siswa Kelas IIIB SMPN 21 Banjarmasin
59. Universitas Lampung Drs. Sunyono, M.Si.Siti Maryatun, S.Pd.Sri Suwanti, S.Pd.
Efektivitas Pembelajaran Kimia Kelas X Semester I SMA Swadhipa Natar melalui Penerapan Metode Eksperimen Berwawasan Lingkungan
60. Universitas Lampung Dra. Ari Nurweni, MADra. Yulia Tri DianaDra. Siti Rumini
Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Wacana Berbahasa Inggris Siswa Kelas XI dengan Text-Based Listening di SMAN I Natar Lampung Selatan
61. Universitas Lampung Dra. Endang Komariah, M.Pd.Hj. Rosdihawati, S.Pd.Dra. Dwi Purwati
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMPN 5 Bandar Lampung melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
62. Universitas Lampung Dr. Cucu Sutarsyah, MANurhadewi, S.Pd.
Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar di SMPN I Pugung Kabupaten Tanggamus
63. Universitas Lampung Neni Hasnunidah, S.Pd., M.Si.Juriyah, S.Pd.Rahmat Suryanto, S.Pd.
Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Portofolio untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester 1 SMA YP UNILA Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2005/2006
64. Universitas Mataram Dra. Sri Subarinah, M.Si.Darmiati JafarDra. Hj. Aminah
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Ampenan
65. Universitas Mataram Dra. Ni Made Novi Suryanti, M.SiKhairun Nisa, S.Pd.Hj. Zohriah, S.Pd.
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Tanggungjawab Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Melalui Penggunaan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw di SMP Negeri 2 Mataram Kelas VIII
66. Universitas Muhammadiyah Malang Drs. Abdul Haris, MAMohammad Ja’far, S.Pd.IDrs. Bambang Mulyadi
Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab melalui Permainan (Studi di Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Malang)
67. Universitas Muhammadiyah Metro Drs. Anak Agung Oka, M.Pd.Ujang Hasan, STMaria Woro PantiningsihDrs. SutarnoSamadi, Am.Pd.
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Sains di SMP Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2005/2006
68. Universitas Muhammadiyah Metro Dr. H. Agus Sujarwanta, M.Pd.Dra. Hj. Rita Iryanti, M.Pd.Drs. Sugiyono
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif (Tipe Pendekatan Struktural Think-Pair-Share) Siswa SMA Negeri I Metro Tahun Pelajaran 2006/2007
69. Universitas Muhammadiyah Metro Drs. Handoko Santoso, M.Pd.Drs. Agus Susanto, M.Si.Dra Siti SuwarniIr Hepi RositaDrs. Wahyudi
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Penyelidikan Kelompok pada Siswa Kelas X SMAN 3 Metro Lampung
70. Universitas Muhammadiyah Metro Dra. Hening Widowati, M.Si.Kartikasari, S.Si.Dra. Lilis SuryaniDra. Tri RudiastutiSiti Fathonah, S.Pdi.
Pembelajaran di Luar Kelas dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Bersama untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Lingkungan Siswa Kelas III SDM Kota Metro
71. Universitas Muhammadiyah Metro Drs. Triyono WisnutomoSri HayatiSuwarso
Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Kelas VII di SMP Negeri 3 Metro Tahun 2005
72. Universitas Muhammadiyah Metro Muhfahroyin, S.Pd., M.TATursila Widiastuti, S.Pd.Drs. Edi Supriyono
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mengintegrasikan Nilai-Nilai Imtaq dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2006/2007
73. Universitas Muhammadiyah Metro Drs. H. Radius Noorie, M.Pd. Dewi Novita, S.Pd.Anisa
Model Penemuan dan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Realistik pada Pembelajaran Matematika di SD Pertiwi Teladan Metro Tahun Pelajaran 2005/2006
74. Universitas Muhammadiyah Surabaya Dra. Iis Holisin, M.Pd. Dra. Meksi RahayuDrs. Agus Sulistyono
Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VII SMP Maryam Surabaya dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
75. Universitas Muhammadiyah Surabaya Dra. Yuni Gayatri, M.Pd.Nur Kholidah, S.Pd.Lilik Suryani, S.Pd.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Konsep Ciri-ciri Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SLTP Muhammadiyah 5 Surabaya
76. Universitas Muhammadiyah Surakarta Dra. Main Sufanti, M.Hum.Isminatun, S.Pd.Dwiana O I, S.Pd.
Peningkatan Kompetensi Menulis Pengalaman Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Gatak Melalui Pola Latihan Berjenjang
77. Universitas Muhammadiyah Purwokerto Drs. Kusno, M.Pd.Edi Riyanto, S.Pd.Desi Puspitasari
Peningkatan Peran Aktif dan Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Sumbang melalui Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Discovery
78. Universitas Muhammadiyah Purwokerto Teguh Julianto, S.Pd., M.Si.Tuti PrihantiNurhayatiEndah ChristianaSiti Badriyah
Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Menggunakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
79. Universitas Muhammadiyah Purwokerto Drs. Pamujo, MMErnawati Purworini, S.Pd.Sri Rahayu ningsih, S.Pd.Badri, S.Pd.
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Pelajaran Sejarah melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Purwokerto
80. Universitas Muhammadiyah Purwokerto Drs. Suwarno, M.Si.Drs. Kartono, M.Si.Dra. Budi EkowatiDra. NugraheniDra. Endang Iriani S.
Upaya Mengembangkan Kemampuan Siswa Meneliti Sejarah Lokal melalui Model Inkuiri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purwokerto Tahun Ajaran 2006 – 2007
81. Universitas Muhammadiyah Purwokerto Drs. Sony IriantoNyata, S.Pd.Irma Pujiati, S.Pd.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournaments) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika (Studi di SMP Negeri 4 Purwokerto)
82. Universitas Mulawarman Dr. Lambang Subagiyo, M.Si.Wulyo Slamet, S.Pd.Ayu Nurjannah, S.Pd.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Peningkatan Motivasi dan Partisipasi Siswa serta Kualitas Hasil Belajar di SMA Negeri II Samarinda
83. Universitas Negeri Jakarta Dra. Maratun Nafiah, M.Pd Dra. Marwati Mansyur, M.Pd.Emay KomariTuti AlawiyahBambang Irawan, BA
Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 05 Pagi Cakung Jakarta Timur
84. Universitas Negeri Jakarta Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd. Dra. Endang M. Kurniati, M.Ed.Kris Yuda Supriyatin, S.Pd.Muganefti, S.Pd.Djarwati, S.Pd.
Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Realistik Matematik di SDN Mekarsari 06 Tambun – Bekasi
85. Universitas Negeri Makassar Asdar, S.Pd., M.Pd. St. Usniah, S.Pd.Raehana Kadriah, S.Pd
Implementasi Portofolio Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan hasil Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa
86. Universitas Negeri Makassar Drs. Munir Tanrere, M.Pd. Drs. H.A. Syamsur MasoangDrs. Iswan Abd. Latif
Penerapan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah yang Diintervensi dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMU
87. Universitas Negeri Makassar Drs. Azis Sappr, M.Si. Dra. Rasmi Djabba, S.Pd.Sulhasmi, S.Pd.Mursida, S.Pd.Asnaeni, S.Pd.
Efektivitas Pendekatan Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil IPA di SDN 62 Pare-Pare
88. Universitas Negeri Makassar Drs. Latri Aras, S.Pd., M.Pd. Drs. Muh. Idris Jafar, M.Pd.Hj. Maskawati, A.Ma.Hj. Nurjannah, BADra. Nurhasmi
Pembelajaran Bangun Ruang Secara Konstruktivis dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SD Negeri 10 Watampone
89. Universitas Negeri Makassar Aswi, S.Pd., M.Si. Bakhtiar, S.Pd., M.Pd.Andi Waru AP, S.Pd
Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas II SMA Negeri 21 Makassar
90. Universitas Negeri Makassar Dra. Hj. Nurhinda Bakkidu, M.Pd. Aminullah P., S.Pd.Kamsidah, S.Pd.
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif di SMP Negeri 24 Makassar
91. Universitas Negeri Malang Dra. Tjitjik SW Drs. Imam MuhadjirDrs. Tri HaryonoKuncahyo Pitono, S.Pd.
Model Pembelajaran Seni Rupa di SMU Negeri 2 Malang dengan Penggunaan Desain Media Reproduksi Grafika untuk Mengembangkan Kreativitas Anak
92. Universitas Negeri Malang Dr. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed.Dra Dwi Rahayu NarulitawatiMohamad Kodim, S.Pd
Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar dan Belajar Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri I Tumpang – Malang
93. Universitas Negeri Malang Dra. Nur Hidayah, M.Pd. Dwi Effendi, S.Pd.Masykur, S.Pd.
Aplikasi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Pembelajaran PSKn Kelas IV di SDI Sabilillah Malang
94. Universitas Negeri Malang Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd., M.Pd.Muhammad Kurnianto, S.Pd.Anton Budisastono, S.Pd.
Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Pendekatan Proses Membaca dalam Membaca Cerita di Kelas 3 SD Negeri Bendogerit Kota Blitar
95. Universitas Negeri Malang Mohamad Amin, S.Pd., M.Si, Ph.DDra. Yayuk PrihatnawatiDra. Ida Nurain
Penerapan kegiatan Hands on Activity dan Modified Discovery-Inquiry pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas I SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang
96. Universitas Negeri Malang Drs. Parlan, M.Si.Dra. Dewi AmbarwatiEny Suhartini, S.Pd.
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Malang
97. Universitas Negeri Malang Dra. Siti Zubaidah, S.Pd., M.Pd.Chairuddin, BADra. Uswatul Chasanah
Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Hasil dan Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Malang
98. Universitas Negeri Malang Dr. Mohammad Efendi, M.Pd., M.Kes.Dra. Esni TriawatiPujiati Hariyanto, S.Pd
Penggunaan Media Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Komunikasi Total untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas Rendah di SLB Bagian B YPTB Malang
99. Universitas Negeri Malang Dra. Susriyati Mahanal, M.Pd.Drs. Kukuh Satuhu YuwonoSuyanto, S.Pd.
Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Kooperatif Model STAD pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V MI Jenderal Sudirman Malang
100. Universitas Negeri Malang Drs. Bustanul Arifin, SH, M.Hum.Drs. Jamal, M.Pd.Riyono, S.Pd.
Pengefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen melalui Pemanfaatan Pertanyaan “Bagaimana Jika …” pada Siswa Kelas X MAN Malang I
101. Universitas Negeri Malang Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.Drs. Marhadi Slamet K., M.Si.Drs. Muhammad Puguh, M.Pd.drs. Sugeng SugiastopoDra. Sulastri
Peningkatan Pemahaman Geografi dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Kerangka Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Kelas X SMA Negeri I Batu
102. Universitas Negeri Medan Drs. Rahmat Husein, M.Ed.Drs. I Wayan Dirgayasa, M.HumMarlina Tobing, S.Pd.S. SimarmataChairiyah, S.Pd
Penerapan Metode SQ3R sebagai Upaya untuk Meningkatkan Tingkat Kemampuan Penguasaan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SLTP Negeri 27
103. Universitas Negeri Medan Dra. Rosmala Dewi, M.Pd. Drs. Zulkifli DalimuntheDrs. Juani SimanjuntakNoviyanti Lubis
Implementasi Konseling Perkembangan dalam Pembelajaran sebagai Model Pembiasaan Perilaku Belajar Siswa SD Negeri 064018 di Medan Sunggal
104. Universitas Negeri Padang Dra. Yasnidawati, M.Pd. Dra. BudiwatiDra. Loviani
Upaya Peningaktan Keaktifan Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi dan Latihan pada Pembelajaran Teknik Tailoring Kelas II A Semester 3 SMKN 6 Padang
105. Universitas Negeri Padang Dra. Murtiani Kari Ermawati, S.Pd.Rismayeti, S.Pd
Upaya Meningkatkan Penalaran Fisika Siswa melalui Penekanan Konsep Esensial dan Peta Konsep di Kelas 2 SMP 7 Padang
106. Universitas Negeri Padang Dra. Hj. Dalismar Drs. AlmasriDra. Mislinda R
Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa melalui Model Mengajar Perubahan Konseptual pada Mata Pelajaran Sejarah di SMP Pembangunan KORPRI UNP
107. Universitas Negeri Padang Drs. Amali Putra, M.Pd. Dra. Yunida HerawatiM. Efendi, S.Pd.
Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Aktivitas Bertanya dan Kemampuan Menjelaskan Konsep dan Prinsip Fisika di Kelas 1 SMA 3 Padang
108. Universitas Negeri Padang Drs. Darmansyah, ST, M.Pd. Azwarman, S.Pd.Erdawati, S.Pd.
Upaya Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan melalui Optimalisasi Jeda Strategis dengan Karikatur Humor pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negei 7 Padang
109. Universitas Negeri Padang Drs. Zafri, M.Pd. Drs. AlmasriDrs. Yoprizal
Usaha Peningkatan Efektifitas Belajar Mengajar melalui Pendekatan Penyajian Garis Gerak Perubahan pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA
110. Universitas Negeri Semarang Dr. A. Tri Widodo Dra. Indah SunaryatiDra. Sri Lesmonowati
Pemaksimalan Kompetensi Siswa Kelas X SMA 3 Semarang dengan Pendekatan Penerapan Penelitian dalam Pembelajaran Kimia
111. Universitas Negeri Semarang Dra. Emi Pujiastuti, M.Pd. Drs. Catonggo SulistyonoDrs. Suko Prajitno
Meningkatkan Kompetensi Dasar Siswa Kelas IX SMP 25 Semarang dalam Pokok Bahasan Lingkaran melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe TGT Bercirikan CTL
112. Universitas Negeri Semarang Harjono, S.Pd. Dra. Ajeng DinariniDra. Nufchasanah
Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Kimia sesuai KBK 2004 di Kelas X SMA Negeri 5 Semarang dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD
113. Universitas Negeri Semarang Riza Arifudin, S.Pd. Mukhamat, A.Md.Sudarmo, S.Pd.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi FPB dan KPK dengan Mendayagunakan Alat Peraga dan Serangkaian Pertanyaan Kognitif di SD Sekaran 01 Semarang
114. Universitas Negeri Semarang Dra. Nurkaromah Dwidayati, M.Si. Dra. Kristin UsadaniSuwarsi, S.Pd.
Optimalisasi Pontensi Unggulan Lokal dalam Pembelajaran Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VII SMPN 9 Semarang, sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi
115. Universitas Negeri Semarang Drs. Y. Ulung Anggraito, M.Si. Izzun Nadlah, S.Pd.Sutomo, S.Pd.
Penerapan Asesmen Kinerja untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Kerja Ilmiah pada Pembelajaran PA-Biologi di SMP Negeri 40 Semarang
116. Universitas Negeri Semarang Dra. Sri Ngabekti, M.S. Drs. Bambang Priyono,
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati melalui Penerapan Model Investigasi Kelompok di SMA 9 Semaran
117. Universitas Negeri Semarang Drs. Partaya, M.Si.Purwaningsih, S.Pd.Arba’a Insani, S.Pd.
Penggunaan Bagan Dikhotomi Konsep sebagai Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keanekaragaman Hewan pada Siswa Kelas I SMP Negeri 9 Semarang
118. Universitas Negeri Semarang Dra. Isti Hidayah, M.Pd.Drs. SugiartoMaslinda, A.Ma.Pd.Nofrida, A.Ma.Pd.Dwi Sunarmi, A.ma.Pd.
Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Siswa Kelas 3 SD Sampangan 04 Semarang
119. Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. SukestiyarnoDra. MuslikhahDra. Titi Indriastuti
Upaya Menumbuhkan Semangat Siswa Mencapai Standar Kompetensi dengan Model Pembelajaran Heroik dan Turnamen Matematika SMA
120. Universitas Negeri Surabaya Dra. Darni, M.Hum Soehartin, S.Pd.Porweni Darmiati, S.Pd
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Sastra pada Mata Pelajaran Bahasa Daerah di Kelas 7 SMPN 2 Sidoarjo melalui Penerapan Asesmen Autentik
121. Universitas Negeri Surabaya Maryam Isnaini Damayanti, S.Pd. Mohammad Irfan, A.Ma.FM. Retno A., A.Ma.
Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum
122. Universitas Negeri Surabaya Drs. Wagino, M.Pd. Dra. Sukarlik, M.Si.Dadang Bagoes Prihantono, S.Pd.Isnainatun, S.Pd.
Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Anak Autis melalui Implementasi Pendekatan Individualized Education Program (IEP) di SDN Inklusif Klampis Ngasem 1-246 Surabaya
123. Universitas Negeri Surabaya Dra. Siti Masitoh, M.Pd. Drs. Ujarwanto, M.Pd.Djumini, S.Pd.Sri Wahyuni, S.Pd.Taryono, S.Pd.
Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran Kontekstual Model Berkemah dan Media Pembelajaran Lingkungan di SD
124. Universitas Negeri Surabaya Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. Dra. Madewi Mulyanratna, M.Si.Bambang Sutedjo, S.Pd.Wiwien Maryuni, S.Pd.Dra. Ani Setyowati
Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dalam rangka Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Siswa dalam Penemuan Konsep secara Mandiri di SMPN 21 Surabaya
125. Universitas Negeri Surabaya Dra. Martini, M.Pd.Dra. Endah Purwani, M.Pd.Drs. Ponijan
Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotor melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium pada Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Jombang
126. Universitas Negeri Surabaya Drs. Supriyono, M.Sc.Dra. Isnawati, M.Si.Iswanto, S.Pd.Misri Asinah, S.Pd.Ismi Rodiah, S.Pd.
Penerapan Perangkat Pembelajaran Inovatif dalam rangka Peningkatan Penguasaan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kertajaya XIII Surabaya
127. Universitas Negeri Surabaya Elok Sudibyo, S.Pd., M.Pd. Inna Nur Anisjak, S.Pd.M. Ikhsan, S.Pd.
Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 3 Porong
128. Universitas Negeri Surabaya Drs. Agus Supriyono, M.Si. Drs. Sugeng Harianto, M.Si.Dra. Hj. Sri LestariNgunsiati, S.Pd.dra. Hj. Restu Kemala
Menciptakan Iklim Pembelajaran Sejarah yang Menyenangkan melalui Snowball Drilling Method
129. Universitas Negeri Surabaya Dra. Endah Budi R., M.Pd. Dra. Hj. Masriyah, M.Pd.Kardiyono, S.pd.Dra. Nudjum SetyanihUntung, S.Pd.
Penerapan Pola Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Surabaya
130. Universitas Negeri Surabaya Dra. Asri Susetyo Rukmini, M.Pd. Ummama, S.Ag.Toeminingsih
Penggunaan Buku Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Siswa Kelas II SDN Jepara 2 Surabaya
131. Universitas Negeri Yogyakarta Juli Astono Barbara Elen N.Sri Palmurasih
Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Keterampilan Scientifik dalam Mata Pelajaran Fisika di SMUN 1 Depok Slemant Yogyakarta
132. Universitas Negeri Yogyakarta Ari Kusmiatun, M.Hum Tusti Arini, S.Pd.Afdina Afitri, S.S.
Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Kelas V dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Cooperative Learning
133. Universitas Negeri Yogyakarta Susilo Pradoko, M.Si. Kun Setyaning Astuti, M.Pd.Fikta Devit, S.Pd.Sukialfini, A.Md.Pd.Landung Hardono, A.Md.Pd.
Perbaikan Teknik Menyanyikan Nada-nada Melodi melalui Teknologi MIDI di SD Negeri Kalasan I – Yogyakarta
134. Universitas Palangkaraya Alifiah Nurachmana, S.S.Drs. SupardiMenik Dwi Astuti, S.Pd.
Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas 1 SMK Negeri 1 Palangkaraya dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemberiaan Feedback dan Reinforcement
135. Universitas Palangkaraya Drs. Albertus PurwakaYunalis, A.Ma.
Peningkatan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses dan Media Gambar di Kelas II SDN Menteng 6 Palangkaraya
136. Universitas Palangkaraya Drs. Sarjoko, M.Pd. Defina, S.Pd.Drs. Simpei Adjang
Penerapan Pembelajaran Perspektif Pemodelan Matematika Bermediasi RME untuk Penalaran dan Penguasaan Konsep Statistika bagi Siswa Kelas II SMUN 3 Palangkaraya
137. Universitas Palangkaraya Dr. Yohanes Edy Gunawan, M.Si. Drs. AkhmadiRabiah, S.Pd.Janter Sirait, S.Pd.Lilik Widianto, S.Pd.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Melatih Keterampilan Berpikir dalam Proses Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah di SMA Negeri-1 Palangkaraya
138. Universitas Pendidikan Indonesia Drs. Dede Kosasih, M.Si. Retty Isnendes, S.Pd., M.Hum.Dra. Irma KarmilaDra. Nia RusyatiDra. Entin Sri Prihatin
Model Reader Respons untuk Meningkatkan Minat dan Keberanian Siswa Mengemukakan Tanggapan dalam Pembelajaran Sastra Sunda di SMA Pasundan 2 Bandung
139. Universitas Pendidikan Indonesia Drs. Dadan Djuanda, M.Pd. Ilah Ruspilah, S.Pd.Sahya Sunarya, S.Pd.Kundang, S.Pd.
Pengembangan Strategi Pembelajaran Menulis dengan Model Menulis Proses dan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar Kabupaten Sumedang
140. Universitas Pendidikan Indonesia Dra. Sri Widati, M.Pd. Dra. Hj. Ehan, M.Pd.Onot RekaahSartika DewiOtim Chotimah, S.Pd.
Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Menulis Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode VAKT di SD Permata Hijau Rancaekek Kab. Bandung
141. Universitas Pendidikan Indonesia Dr. Wahyu Sopandi, MA Drs. Z. AbidinHani Cahya Maulani, S.Pd.
Pelaksanaan Pembelajaran Kimia yang Berorientasi pada Struktur dalam rangka Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA PGRI Cililin Kab. Bandung
142. Universitas Pendidikan Indonesia Riche Cynthia Johan, S.Pd. Ida Rachmawati, S.Pd.Dian Andayani, S.Pd.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Gejala-Gejala Alam dengan Menggunakan Media Pembelajaran Mock Up di Sekolah Dasar Negeri Embong 2 Bandung
143. Universitas Pendidikan Indonesia Drs. Asep Saepulrohman Dra. Yasbiati, M.Pd.Ujang Jualeni, S.Pd.Nana Suryana, S.Pd.Sopi Sukmawati, S.Pd.
Optimalisasi Penggunaan Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Sains di SDN Puncakmulya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya
144. Universitas Pendidikan Indonesia Drs. Aan Kusdiana, M.Pd. Drs. Enuh Zainuddin, MADrs. Tatang S.Hj. Farida Arif, S.Pd.Sumartini
Dramatisasi Cerita Bergambar untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Berekspresi Sastra di Sekolah Dasar
145. Universitas Pendidikan Indonesia Dr. Lely Halimah, M.Pd. Dra. Hj. Entang Kartika, M.Pd.Ujang Sopian, S.Pd.Jajang Sudirman, A.Ma.Rosmayasari, A.Ma.
Pemberdayaan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru
146. Universitas PGRI Yogyakarta Dr. Buchory MS, M.Pd. Drs. SamidiRusdijati, S.Pd.
Peningkatan Partisipasi Siswa dengan Model Inkuiri Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Pembelajaran Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Jetis, Bantul Yogyakarta
147. Universitas Sebelas Maret Dra. Sumarwati, M.Pd. Sudarsono WP, S.Pd.Drs. Suradi
Pemakaian bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika pda Siswa Kelas 5 SD Negeri 15 Surakarta
148. Universitas Sebelas Maret Drs. Suhartono, M.Pd. Drs. NgatmanSutariyah, A.Ma.Ari Karyani, S.Pd.Setyana Widyastuti, S.Pd.
Penggunaan Aktivitas-Aktivitas Model (Model Activities) dalam Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar.
149. Universitas Sebelas Maret Drs. Sugiyanto, M.Si. Dra. Sri MilangsihDrs. SuyotoDra. Eny Wiji LestariRahning Utomowati, S.Si.
Penggunaan Software SIG Khusus dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif untuk Mempermudah Penguasaan Kompetensi SIG pada Pembelajaran Geografi di SMAN I Surakarta
150. Universitas Sriwijaya Dra. Yulia Djahir, MM Fitriyanti, S.Pd.Irasniwati, S.Pd.Tuti Handini, S.Pd.Nurlaili, S.Pd.
Peningkatan Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial dengan Teknik Jigsaw di SMP Negeri 17 Palembang
151. Universitas Sriwijaya Zahra A., M.Pd. Dwi Mayheppi, S.Pd.Husniati, S.Pd.
Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia di SMA Srijaya Negara melalui Penerapan Cooperative Learning dan Authentic Assessment
152. Universitas Sriwijaya Drs. Kodri Madang, M.Si. Desti WahyuniIriantini
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas II SMP Negeri 52 Palembang melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Jigsaw
153. Universitas Sriwijaya Dra. Sri Indrawati, M.Pd. Darul QudniSuwandi
Peningkatan Pemerolehan Bahasa Indonesia Ragam Tulis Siswa Madrasah Ibtidiyah Aliyah II Palembang melalui Strategi Kooperatif Integrasi Membaca dan Menulis
154. Universitas Sriwijaya Dra. Nurhayati, M.Pd. Een Jaenah, S.Pd.Esana Laili Yuliati, S.Pd.
Penerapan Strategi Suggestopedia dalam upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP Negeri 1 Palembang
155. Universitas Sriwijaya Ernalida, S.Pd., M.Hum. Novianti, A.Ma.Mardiana, A.Ma.
Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Teknik Tell Me What You See I pada Siswa Kelas V SD Negeri 210 Palembang
156. Universitas Sriwijaya Dra. Trimurti Saleh, MA Farida Aryani, S.Pd.Nurjannah, S.Pd.
Peningkatan Pemahaman Guru tentang Pembelajaran Matematika dalam Bahasa Inggris melalui Supervisi Klinis di Kelas VII Koalisi SMP Negeri 1 Palembang
157. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Hepsi Nindiasari, S.Pd., M.Pd. Dra. Wawat RuswiatiNiluh Putu Natalina
Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Improve untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik dan Aktifitas Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah (SMA) Negeri I Balaraja Kabupaten Tangerang – Banten
158. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Drs. Yuyu Yuhana, M.Si. Sukirwan, S.Pd.Sri Redjeki, S.Pd.Wawat Koswati, S.Pd.Bahriyati, A.Ma.Pd.
Penggunaan Alat Peraga Matematika dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Serang
159. Universitas Tadulako Sahrul Saehana, S.Pd. Nurjannah, S.Pd.Usman Nasir, S.Pd.Abdul Razak, S.Pd.Arsul Rahman, S.Pd.
Pemanfaatan Simulasi Komputer sebagai Media Pembelajaran untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Konsep Mekanika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu
160. Universitas Tadulako Drs. Sukayasa, M.Pd. WinarkoSarmila Penerapan Teori
Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Karunadipa Palu terhadap Konsep Keliling dan Luas Daerah Bangun Datar
161. Universitas Tadulako Rita Lefrida, S.Pd., M.Si. Idris, S.Pd.Sugeng
Penerapan Pendekatan Open-Ended dan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) pada Sub Pokok Bahasan Operasi Pecahan di Kelas VII SLTP Negeri 1 Palu
162. Universitas Tadulako Purnama Ningsih, S.Pd., M.Si. Muhammad Al Rasyid Zain, S.Pd.Irmawati, S.Pd.
Pendekatan Salingtemas dikombinasikan Pemakaian Multimedia dalam Pembelajaran Kimia kelas X untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Ilmiah Siswa SMA Negeri 6 Palu
163. Universitas Tadulako Drs. Marinus B. Tandiayuk, M.Si. Ni Made Martina, S.Pd.Daud Surandana, S.Pd.
Implementasi Perangkat Model Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Tabung, Kerucut dan Bola di Kelas II SMP Negeri 1 Palu
164. Universitas Tadulako Drs. Tri Santoso, M.Si. Dra. Sitti Aminah, M.Si.Drs. HaeruddinDra. NurasiahDra. Wahdia
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia di Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Palu Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Mengoptimalkan Kegiatan Pembelajaran di Laboratorium.
165. Universitas Tadulako Drs. Fihrin, M.Si. Roemawati Asjud, S.Pd.Mahrufi T., S.Pd.Munirah, S.Pd.
Penerapan Pendekatan Struktur Konsep untuk Peningkatan Pemahaman dan Penerapan Konsep Fisika dalam Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP Negeri 19 Palu
166. Universitas Tadulako Haeruddin, S.Pd., M.Si. Murdiyah, S.Pd.Albar Rabak Pabianan, S.Pd.
Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Fisika Melalui Optimasi Rubrik Performance Assessment
167. Universitas Tadulako Drs. Lukman, M.Hum. Idrus, S.Pd.Mahmuddin, S.Pd.
Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 2 Dolo)
168. Universitas Tadulako Dra. Sri Mulyani Sabang, M.Si. Kusrini Burase, S.Pd.Budiono, S.Pd.
Implementasi Perangkat Model Geometri Molekul dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Teori Domain Elektro dan Gaya Antarmolekul di Kelas XI SMU Negeri 1 Palu
169. Universitas Tadulako Drs. Lilik Prihadi Utomo, M.Si. Abu Hasan, M.Pd.Muhlis, S.Pd.
Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Komputer Program Interactive Atlas 2002 untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Region Siswa Kelas IX SMPN 4 Sindue
170. Universitas Tanjungpura Dr. Tomo Djudin, M.Pd. Judyanto Sirait, S.Si.Titik Suryani, S.Pd.Bambang Supriyanto, S.Pd.Paryoto
Meningkatkan Kualitas Hasil dan Proses Pembelajaran Siswa tentang Kinematika Melalui Pembelajaran Multimodel Berbasis CTL pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kabupaten Pontianak
MASIH ADA YANG LAINNYA……….

Contoh Judul Ptk
1. Upaya Meningkatkan Gairah Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Dengan Menggunakan Media
Gambar - 04
2. Tindakan. Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Melalui Peranan Hadiah Sebagai
Perangsang Timbulnya Kompetensi – 03
3. Upaya Meningkatkan Kedisplinan Siswa Melalui Penerapan Hukuman - 01
4. Upaya Meminimalkan Miskonsepsi Dan Meningkatkan Pemahaman Konsep-Konsep Ipa Melalui
Pembelajaran Konstruktivistik Bagi Siswa Kelas Iv Sd - 03
5. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Si Sd Dengan Pendekatan Ketrampilan Proses - 04
6. Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Melallui Pemberian Bimbingan Belajar Di Sd Wanagiri Kab.
Kulon Progo Yk - 04
7. Peningkatan Kedisplinan Siswa Melalui Keteladanan Guru Sd Negeri Prawirotaman - 01
8. Upaya Meningkatkan Pembelajaran Fisika Pada Sekolah Sltp Melalui Optimalisasi Kegiatan
Laboratorium Berbasis Cooperative Learning Sebagai Implementasi Kbk - 03
9. Peranan Bertanya Siswa Sd Dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Matematika - 01
10. Peranan Penggunaan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata
Pelajaran Ips Terpadu Kelas Vi Cawu I Sd Muhammadiyah 4 Surakarta Th Pelajaran 2001/2002 - 01
11. Upaya Mengaktifkan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sd Melalui Pendekatan Rani - 04
12. Penelitian Tindakan Kelas Melalui Pembelajaran Kooperatif Learning Untuk Meningkatkan Minat
Belajar Siswa Kelas Iv Sdn I Madukara - 03
13. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Dengan Strategi Pakem
Kelas Iv Sdn Soronalan I Th Ajaran 2003/2004 - 04
14. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Pada Mata
Pelajaran Ips Melalui Metode Ceramah Bervariasi Siswa Kelas V Cawu I Di Sdn 2 Karangturi Mrebet
Purbalingga – 04
15. Peningkatan Pembelajaran Matematika Di Sd Melalui Penggunaan Alat Peraga Secara Efektif – 01
16. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Melalui Pendekatan
Eksploratory Discovery - 03
________________________________________
Page 2
17. Laporan Proposal Penelitian Peranan Media Dalam Meningkatkan Ketrampilan Membaca Di Kelas
Rendah - 01
18. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Menumbuhkan Bakat Dan Kreativitas Siswakelas Iv Sdn
Wanadadi Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Discovery Learning - 03
19. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
Matematika Dengan Menggunakan Metode Laboratory – 04
20. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
Ipa Di Sd Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat - 03
21. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Pembelajaran Matematika Di Sd Melalui Penggunaan
Alat Peraga Secara Efektif – 01
22. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Bahasa
Indonsesia Sd Dengan Mengefektifkan Penggunaan Media Gambar Seri – 04
23. Usulan Penelitian Tindak Kelas Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ppkn.
Melalaui Model Pembelajaran Berbasis Portopolio Di Kelas 11 – A Sltpn 12 Bandung -03
24. Prposalpenelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model
Pembelajaran Quantum Teaching – 04
25. Proposal Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ipa
Di Sd Melalu Pendekatan Inkuiri – 04
26. Proposal Penelitian Upaya Meningkatakan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan
Model Pembelajaran Konstruktivisme - 04
27. Proposal Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Ipa
Dengan Metode Demonstrasi -04
28. Proposal Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Pelajaran Muatan
Lokal Di Sdn Percobaan 4 Wates – 01
29. Proposal Penelitian Tindak Kelas Upaya Mengoptimalkan Bimbingan Konseling Di Sd Untuk
Mengatasi Kesulitan Belajar Anak -04
30. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Peranan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Minat Belajar Matematika
- 01
31. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan (Berbicara) Melalui
________________________________________
Page 3
Metode Sosiodrama - 03
32. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Melalui
Pengintegrasian Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia - 03
33. Prop. Penelitian T. Kelas Peranan Penggunaan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap
Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas Vi Cawu I Sd Muhammadiyah 4
Surakarta Th Pelajaran 2001/2002 - 01
34. Prop. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Murid Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Ditinjau
Dari Penggunaan Media Dan Kondisi Kelas Pada Sekolah Dasar - 01
35. Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Perpustakaan Dapat Meningkatkan Belajar Bagi Siswa Di
Kelas Iv - 01
36. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Keteladanan Guru
Sdn I Bandingan - 03
37. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Prestasi Mata Pelajaran Matematika Melalui
Penerapan Pendekatan Mastery Learning - 04
38. Prop. Penelitian Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Pemberian Bimbingan Belajar Di Sd
Wanigiri Kab. Kulon Progo Yk - 04
39. Prop. Penelitian Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri Guna Meningkatkan Kemampuan
Menulis Karangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sdn Pujokusuman Iii Yk - 01
40. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Ketrampilan Siswa Melalui Optimalisasi Perpaduan
Hands-On Dan Minds-On Menggunakan Kit Ipa Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Gumiwang - 03
41. Prop. Penelitian Upaya Mengatasi Masalah Belajar Siswa Kelas Iii Melalui Bimbingan Belajar Di Sdn
Karangkobar I - 03
42. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Dengan Pendekatan (Stm)
Sains Teknologi Masyarakat - 03
43. Prop. Penelitian Tindakan. Kelas Peranan Hadiah Sebagai Perangsang Timbulnya Kompetisi Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd – 01
44. Prop. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Murid Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Ditinjau
Dari Penggunaan Media Dan Kondisi Kelas Pada Sekolah Dasar - 01
45. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Peranan Metode Inkuiri Dan Alat Peraga Tiga Dimensi Dalam
________________________________________
Page 4
Peningkatan Prestasi Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd - 03
46. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn I Babadan
Dengan Model Pembelajaran Kostruktivisme - 03
47. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Anak Kelas
V Sdn Singamerta I Melalui Metode Inkuiri - 03
48. Prop. Penelitian T. Kelas Peranan Penggunaan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap
Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas Vi Cawu I Sd Muhammadiyah 4
Surakarta Th Pelajaran 2001/2002 - 01
49. Faktor-Faktor Yang Memepngaruhi Minat Siswa Kelas I Smk Piri I Yk Dalam Pemilihan Program
Keahlian - 05
50. Peranan Motivasi Guru Dalam Penggunaan Alat Olahraga Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sd
Kepundung - 01
51. Prop. Penelitian T. Kelas Peranan Penggunaan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap
Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas Vi Cawu I Sd Muhammadiyah 4
Surakarta Th Pelajaran 2001/2002 - 01
52. Prop. Penelitian Pengaruh Perilaku Anak Yang Menyimpang Terhadap Keberhasilan Proses
Pembelajaran Di Sdn Dukuh Ii Yk Pada Murid Kelas I Cawu 2 Th Pelajaran 2001/2002 – 01
53. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Efektivitas Pembelajaran Bahasa Dengan Pendekatan Komunikatif -
04
54. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan
Pendekatan Terpadu Siswa Kelas Ii-B Sdn Wonolelo I Th 2003/2004 - 04
55. Prop. Laporan Hasil Uji Coba Tes Di Sdn Sangkarayu Mbrebet Purbalingga Jateng - 03
56. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Peranan Kewibawaan Guru Dalam Meningkatkan Kedisplinan Kelas -
03
57. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Minat Belajar Ppkn Dengan Kbk Pada Siswa
Kelas Iv Sdn Jati Ii Kec. Sawangan Kab. Magelang Th 2003/2004 - 04
58. Prop. Upaya Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Pelajaran Muatan Lokal Di
Sdn Percobaan 4 Wates - 01
59. Prop. Kelas Melalui Perpustakaan Dapat Meningkatkan Belajar Bagi Siswa Di Kelas Iv - 01
________________________________________
Page 5
60. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Peranan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Minat Belajar Matematika
- 01
61. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media
Pengajaran (Alat Peraga) - 01
62. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Anak Kelas
V Sdn Singamerta I Melalui Metode Inkuiri - 03
63. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas Iv Sdn Kutayasa I Dalam
Pembelajaran Ipa Dengan Metode Diskoveri-Inkuiri - 04
64. Prop. Penelitian Upaya Keaktifan Siswa Belajar Ipa Kelas Iv Sd Pesangkalan Ii Melalui Pendekatan
Ketrampilan Proses - 04
65. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Media
Pengajaran Di Sd Gondangsari Iv Kelas Iv - 04
66. Prop. Penelitian Meningkatkan Gairah Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Dengan Menggunakan
Media Gambar - 01
67. Laporan Hasil Observasi Penataan Kelas Di Tk Aba Godongkuning Banguntapan - 02
68. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Bahasa
Indonesia Siswa Kelas Iv Sdn Pucang 02 Banjarnegaramelalui Penggunaan Media Gambar Seri - 04
69. Pembelajaran Bahasa Terpadau Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbsa Siswa Sd Di Kelas 2 Sdn
Wanolelo I Sawangan Magelang - 03
70. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Kemampuan Berbicara Siswa Melalui
Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sdn Bongkot - 05
71. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran - 05
72. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Melalui Metode Quantum
Teaching - 05
73. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pemberian
Penguatan - 05
74. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Daya Kreativitas Pada Anak Sd Melalui
Metode Pemberian Tugas - 05
________________________________________
Page 6
75. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Lanjut Melalui Media
Gambar - 05
76. Upaya Menimbulkan Keantusiasan Siswa Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Indonesia Di Sd
Melalui Metode Quantum
77. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Evaluasi Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Pkps Di Kelas
V Sdn Godongkiwo - 06
78. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Bimbingan Karir Di
Sdn Kedung Pomahan Desa Kedung Pomahan Kec. Kemiri Kab. Purworejo – 06
79. Upaya Meningkatkan Penerapan Konsep Pelajaran Ppkn Melalui Model Pembelajaran Berbasis
Portofolio Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat – 05
80. Upaya Menimbulkan Keantusiasan Siswa Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Indonesia Di Sd
Melalui Metode Quantum Teaching - 06
81. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Mengatasi Kenakalan Anak Yang Mencari Perhatian Di Kelas
Ii Sdn Ngupasan Purworejo Dengan Bimbingan Moral - 05
82. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Bimbingan Karir Di
Sdn Krakitan Iii Kec. Bayat Kab. Klaten – 06
83. Makalah Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Minat Siswa Belajar Ekonomi Melalui
Metode Pemberian Tugas Terstruktur Prapembelajaran - 06
84. Prop. Penelitian Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Dengan Pendekatan Ketrampilan Proses
Di Sd Plipir Purworejo - 05
85. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Melalui
Pendekatan Cooperative Learning - 04
86. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Dalam
Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas Iv Sdn Jatimulyo Kebumen –
04
87. Prop. Penelitian Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan Ketrampilan
Proses - 04
88. Prop. Penelitian Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Lisan Siswa Kelas V Sd Mi Maarif
Ambarketawang Menggunakan Metode Diskusi Th Pelajaran 2004/2005 - 04
________________________________________
89. Prop. Penelitian Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Cara Repetitif Atau Pengulangan
Dalam Pelajaran Matematika – 03/04
90. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Keberwacanaan Melalui Efektivitas Sastra Siswa Kelas
Iii Sd - 03
91. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Melalui Alat Peraga Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar
Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sdn I Kemangkon - 03
92. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Belajar Mengajar Yang Efektif Dalam
Pembelajaran Ipa Di Kelas Vi Dengan Sistem Cara Belajar Siswa Aktif (Cbsa) - 03
93. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Di Kelas V Sd
Melalui Pembelajaran Holistik - 03
94. Prop. Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemberian
Penguatan Di Sdn I Grantung - 03
95. Prop. Penelitian Upaya Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Dengan Media Gambar
Berseri Di Sdn Bapangsari Purworejo - 04



RUANG KERJA

RUANG KERJA
Kerja Lembur Yang Melelahkan